Mengapa Inggris benci Rusia?

Mengapa Inggris benci Rusia?

mbah subowo

Mikhail Gorbachev pernah pada suatu masa (sejak pegang tampuk kekuasaan tertinggi Soviet hingga 1991-an) dikit-dikit bolak-balik ke London-Moskow, -- masa sebelum  secara resmi Boris Yeltsin "membubarkan" Soviet Uni (1992) -- di London Gorbachev sesekali bertemu Perdana Menteri Inggris John Major maupun PM Inggris sebelumnya. 

     Hubungan Soviet dan Inggris mesra dan baik-baik saja. Bahkan sejak itu hingga Rusia gonta-ganti presiden tetap mulus hubungannya. Akan tetapi sejak Putin menjadi presiden Rusia tampaknya sikap Inggris dan Barat terutama Amerika Serikat berubah 180 derajat jadi waspada plus "benci" terhadap Rusia dan Putin. Mengapa?

     Apa karena Rusia telah menemukan pemimpin sejatinya yang paling tepat? Apa karena Putin mantan KGB, sehingga dianggap lebih pandai serta cerdik dalam menghadapi Blok Barat? Putin tampaknya benar-benar disegani oleh para pemimpin Barat. Penampilannya yang macho malah selalu jadi ejekan media Barat. Kata orang sono: Barat selalu "sirik" pada Rusia.

     Putin tidak bisa diremehkan siapapun, walau dalam media Barat mengungkapkan semua kelemahan Putin. Apapun yang agak nyeleneh dari Putin dibahas oleh pakar dan selalu diungkit-ungkit kembali berbagai hal kelemahannya menurut asumsi sendiri. Entah kesehatannya, kembarannya, atau apapun penyakitnya. Sama juga media Barat dengan "cerdas" menguliti Tentara Bayaran Rusia, segala kelemahannya dikoar-koarkan. Begitulah jika Barat tidak memiliki informasi "akurat" mengenai Rusia dalam hal apapun. 

     Putin jalan miring dianggap alzheimer. Putin mukanya tembam dianggap kanker. Putin pakai sepatu hak tinggi dianggap media Barat adalah kembarannya.

     Sekian untuk sekali ini.

*****


Subowo bin Sukaris
HASTA MITRA Updated at: 2:28 PM