Berapa lama perang terus terjadi di Ukraina?

 Berapa lama perang terus terjadi di Ukraina?

mbah subowo

Zelensky jalan-jalan ke Inggris, Biden jalan-jalan ke Ukraina, Wang Yi jalan-jalan ke Eropa dan Rusia (20-2-23), sementara itu ditingkahi oleh gempa dahsyat Turki yang menelan puluhan ribu jiwa. Tetap saja perang berlangsung di Ukraina. Lantas kapan perang selesai? Perang hanya membuat satu kalah dan pihak lain menang. Dalam sejarah perang seri, draw hanya perang skala kecil. Jepang, Jerman pernah mengalami kalah perang begitu pula AS, Sovyet pernah kalah di Vietnam, Afganistan.

     Apa pun yang dihadapi kelak oleh Rusia bisa diprediksi, bakal memenangkan perang, atau kalah perang dan menarik pasukan kembali ke wilayah sendiri. Sementara itu Barat mati-matian berusaha menyokong Ukraina hingga tercapai hal di atas. Tentu Ukraina tidak disokong jika mulai menyerang wilayah Rusia.

     Rejim Putin yang terus bertahan diiringi pertumbuhan ekonomi yang terseok-seok sampai kapan bertahan? Dan personel militer Ukraina sampai kapan tetap bersedia membela rejim Kyiv? Soal uang dan alutsista tak jadi soal lagi karena Barat kepalang basah terlanjut menyuplainya. Dan mereka cukup mampu untuk itu. Itulah yang menjadi faktor perang Rusia vs Ukraina berlangsung terus.

     Sekian untuk sekali ini.

*****

Subowo bin Sukaris
HASTA MITRA Updated at: 5:37 AM