Mengapa Amerika Serikat ribut melulu dengan Tiongkok?

 Mengapa Amerika Serikat ribut melulu dengan Tiongkok?

mbah subowo

Jawabannya karena pandemi covid-19. Pandemi membuat ekonomi dunia kocar-kacir termasuk Tiongkok, termasuk AS dan negara lainnya.

     Pasca terjadinya pandemi korona permusuhan negeri Paman Sam yang sudah dimulai era Trump semakin melebar. Perang dagang yang dikobarkan Trump memang telah menjadi bibit permusuhan dengan Tiongkok.

     Jelas yang mengobarkan perang dagang adalah Amerika Serikat, dan Tiongkok tentu merespon dengan tindakan setimpal. Permusuhan itu terus berlanjut hingga pada hari ini semakin lucu/berlebihan saja soal phobia Amerika terhadap produk Tiongkok. Mengapa dan sampai kapan permusuhan itu akan berakhir? Tampaknya hingga tahun 2050-an barulah permusuhan itu hilang sama sekali.

     Tiongkok mengejar kemajuan teknologi AS hingga ke planet Mars, dan juga dalam segala bidang yang lainnya. Barangkali itulah sebabnya AS mengobarkan peperangan karena eksistensinya sebagai polisi dunia terancam.

     Tiongkok punya nuklir hampir menyaingi AS dalam jumlahnya, lagi pula Tiongkok terlalu agresif di LCS dan selat Taiwan serta perairan Jepang. Jadi memang keduanya tidak akur, sama-sama "agresif"

     Sekian untuk sekali ini.

*****

Subowo bin Sukaris
HASTA MITRA Updated at: 6:53 PM