Perang antar republik soviet

 Perang antar republik soviet

mbah subowo

Dua kekuatan utama Uni Soviet bertempur saling rebutan tanah warisan! Kherson, Zaporozhia, Donetsk, Luhansk, dan Crimea hanyalah tanah warisan Tsar Rusia lantas bertranformasi USSR. Sebelum Bro V.I. Lenin mendirikan Republik Soviet Sosialis faktanya 5 wilayah di atas sah milik Tsar Rusia!

     Perang merebut warisan itu telah membuat Ukraina hancur berkeping-keping, dan tetap ngotot lima wilayah itu dianggap warisan khusus buat Ukraina. Rusia idem dito sebagai anak sulung ingin menguasai warisan itu untuk dirinya sendiri sehingga menyerang habis-habisan saudaranya sendiri. Bahkan Rusia mengaku sebagai penerima mandat dari Tsar Rusia yang Agung.

     Cuma saran yang tidak mungkin dilakukan: Ukraina sebaiknya tidak ngotot apa lagi minta bantuan negara luar (Nato cs) mengingat konflik yang terjadi itu urusan keluarga Republik-Republik Soviet alm. 

     Ukraina hanyalah pecahan Uni Soviet, dan sebagai dua bersaudara terbesar di antara republik soviet lainnya, seharusnya mereka tidak bertengkar habis-habisan. Tentu semua masalah bisa dirundingkan, misalnya sewa, atau semacam itu. Ya, semua terlambat, ibarat nasi telah menjadi bubur. Itu semua jadi pengalaman: jika sesama saudara kurang akur, saling menang-menangan maka akibatnya keduanya hancur berantakan. 

     Selamat terus rebutan warisan tanah kekaisaran Rusia!!

     Sekian untuk sekali ini.

*****

Subowo bin Sukaris
HASTA MITRA Updated at: 6:14 PM