Mengapa Wagner selalu jadi berita

 Mengapa Wagner selalu jadi berita

mbah subowo

Media Barat selalu menyoroti tentara bayaran asal negeri beruang merah: Wagner Group. Bagi awam tentara bayaran tentu lebih pro dibanding tentara reguler. Hanya peperangan yang membuat tentara bayaran ada gunanya. Jika tiada perang tentu mereka menganggur dan tak berguna apapun.

     Media Barat paling hobi mengadu domba antara pasukan reguler Rusia dengan tentara di bawah naungan Wagner Group. Mengapa? Tentu demi opini Rusia bakal dapat dikalahkan oleh Barat melalui perang proksi yakni mendukung Ukraina dengan berbagai alutsista dan dolar.

     Namanya juga tentara bayaran yang bekerja demi uang, bahkan nyawa pun dipertaruhkan demi bayaran, bukan? Tentara bayaran selalu tunduk pada tentara reguler sebagai majikannya. Tidak mungkinlah malah terbalik yakni terjadi persaingan pengaruh di antara kedua kelompok yang jelas berbeda itu pada Putin seperti yang dilansir media Barat.

     Dalam perang panjang yang tengah terjadi di Ukraina tentu jadi pengalaman pertama bagi pasukan Wagner pimpinan Yevgeny Prigozhin. Perang panjang tentu menempa kekuatan pasukan manapun. Mampukah mereka (Wagner Group) tetap bertahan hingga peperangan berakhir? Waktu yang menjawabnya.

     Sekian untuk sekali ini.

*****

Subowo bin Sukaris
HASTA MITRA Updated at: 7:21 PM