Jayabaya tentang masa pemerintahan Presiden Sukarno

Jayabaya tentang masa pemerintahan Presiden Sukarno
mbah subowo.
Raden Ngabehi Ronggowarsito meramalkan munculnya Satrio Piningit yang pertama memerintah Negara yang seluas Majapahit: Satrio Kinunjoro Mulyo Kuncoro. Para penafsir ramalan Ronggowarsito sepakat bahwa sosok itu ialah Ir. Sukarno. Mengapa disebut satria piningit yang pernah dipenjara? Betul, bahwa Bung Karno sosok proklamator itu sewaktu jaman kolonialisme Belanda pernah dibui Penjara Sukamiskin, tentu saja Sukarno bukan criminal biasa, akan tetapi tahanan politik yang menentang kekuasaan kaum penjajah Belanda.
     Pasca proklamasi kemerdekaan, faktanya kekuasaan Bung Karno yang didukung Partai Komunis Indonesia akhirnya tumbang pasca terjadinya Peristiwa 1965.
     Sebagai Satrio Kinunjoro Mulyo Kuncoro, sekali lagi pada menjelang di akhir hayatnya Sukarno yang masih eksis memiliki tiga perempat lebih kekuatan militer NKRI yang masih setia padanya dikenakan tahanan rumah: di Wisma Yaso yang merupakan rumah milik istri Bung Karno, Ratna Sari Dewi. Sukarno yang sakit parah itu ditelantarkan begitu saja tanpa perawatan atas penyakit ginjal dan penyakit komplikasi yang lainnya oleh oknum aparat rejim Orde Baru Soeharto.
     Berikut ini sekadar referensi bahwa seorang yang mulia dan berjasa bagi bangsanya bisa dibuang begitu saja ke dalam penjara.

Wong mulyo dikunjoro (Jayabaya, 1100-an)

Kelak di masa depan tatkala umat manusia tengah memasuki jaman terbolak-balik, jaman modern, bukan hanya para kriminal yang bisa dihukum penjara, akan tetapi juga para lawan politik daripada rejim kekuasaan yang tengah memegang kendali atas pemerintahan suatu Negara.
     Para tahanan politik bisa saja orang yang ahli dalam bidangnya, politikus, pengusaha, sastrawan, pelukis, penyair, diplomat, jurnalis dan seterusnya. Mereka bisa dipenjarakan hanya gara-gara tidak mendukung penguasa yang baru. Sebagai pembenaran dari pihak penguasa maka dibuatlah suatu tuduhan rekayasa tertentu dialamatkan pada mereka, dalam hal ini tuduhan yang tidak pernah dibuktikan dalam suatu sidang pengadilan.
     Sekian untuk sekali ini.

*****

Subowo bin Sukaris
HASTA MITRA Updated at: 2:32 PM