Ramalan Jangka Jayabaya Wolak-Walik ing Jaman


Ramalan Jangka Jayabaya Wolak-Walik ing Jaman

by mbah Subowo bin Sukaris

Raja Kediri yang termasyhur sebagai nujum ampuh dari belahan bumi Selatan Sri Aji Jayabaya pada abad keduabelas masehi (1100-an) telah merumuskan tanda-tanda menjelang berlakunya Jangka Jayabaya wolak-walik ing jaman atau jaman terbalik-balik yang semakin dekat. 

      Jaman terbalik, jaman edan atau jaman modern itu mulai terjadi untuk yang pertama kali setelah diikuti sebelumnya dengan munculnya tanda-tanda sebagai berikut:
      Manusia berhasil menciptakan mobil, kereta api di atas rel besi, pesawat udara -- membangun jalan layang -- dan pasar tradisional tidak lagi terjadi interaksi antara penjual-pembeli melakukan tawar-menawar harga karena berubah menjadi pasar swalayan yang sunyi-sepi.

Besuk yen wis ana kreta tanpa jaran
Tanah Jawa kalungan wesi
Prahu mlaku ing dhuwur awang-awang
Kali ilang kedhunge
Pasar ilang kumandhang

Jaman yang sudah terbalik itu sekali lagi akan mengalami terbalik untuk periode kedua kali yakni disebut jaman super modern, jaman angkasa, jaman edan-edanan, jaman miring terbalik, dengan tanda-tanda berikut ini: 
    Manusia telah berhasil menciptakan pesawat ruang angkasa ulak-alik yang mampu menempuh jarak antara Bumi dan Mars. Kendaraan di darat akan menggunakan bahan bakar selain bahan bakar fosil. Tanda kedua ialah di tanah Jawa telah dilingkari jalan tol beton bertulang besi dan  terowongan bawah tanah yang juga beton bertulang besi atau subway. Dan ketiga manusia tidak lagi beranjak dari rumah untuk membeli sesuatu, cukup tekan klik tombol mouse atau menekan layar sentuh.

Jaman terbalik periode kedua atau jaman super moderni itu seperti apa yang akan terjadi pada perilaku manusia? 
      Kaum lelaki akan menggunakan pakaian, perhiasan, alat kecantikan, yang agak mirip dengan yang dikenakan oleh kaum perempuan di masa depan.
      Kaum perempuan tidak mau lagi mengenakan pakaian yang feminim yang menonjokan kewanitaan, akan tetapi mereka cenderung berpakaian mirip kaum laki-laki atau maskulin jaman terbalik saat ini.
      Kaum perempuan dan kaum lelaki kelak akan mengenakan pakaian yang hampir sama persis. Di jaman angkasa itu mereka akan meniru model pakaian astronot, kosmonot atau angkasawan yang model pakaiannya tidak lagi terdapat ciri khusus yang menonjolkan adanya perbedaan gender.


Subowo bin Sukaris
HASTA MITRA Updated at: 9:42 AM